Supermoon Akan Muncul Malam Ini

Dunia23 Dilihat

Sumbarpos.com Supermoon, pasti Anda tahu tentang bulan yang satu ini. Bulan yang besar dan indah membuat setiap orang terkagum-kagum melihatnya. Fenomena bulan ini kadang terjadi dan kini supermoon akan kembali pada pekan ini. Penampakan supermoon itu juga menjadi yang terakhir pada tahun ini. Sebab, fenomena supermoon serupa akan terjadi pada akhir tahun depan.

Pada tanggal 26-27 Oktober, bulan akan berada dalam posisi terdekat dengan bumi. Bulan purnama malam ini akan muncul 12-14 persen lebih besar dan 25-30 persen bersinar lebih terang dari biasanya.

Sepanjang tahun ini, supermoon telah menampakkan dirinya sebanyak lima kali. Sedangkan blood moon yang diiringi gerhana bulan total menjadi yang paling menarik perhatian masyarakat yang melihanya.

Peristiwa dekatnya objek benda luar angkasa, baik itu Bulan, Mars, atau komet dengan Bumi sering dikenal istilah perigee. Untuk bulan, perigee terjadi satu kali usai mengorbit Bumi. Rata-rata bulan berada dalam posisi sejauh 238.800 mil dari Bumi, namun ketika situasi perigee, satelit Bumi itu akan berjarak 225.804 mil.

(Viva)

Share

Tinggalkan Balasan