6 Spot Wisata Baturraden yang Terkenal

Travel42 Dilihat

Sumbarpos.com, Purwokerto – Legenda Lutung Kasarung sudah terkenal di bumi tanah air kita. Legenda Lutung Kasarung adalah cerita rakyat yang berangkat dari keadaan di Baturraden. Inilah sebab mengapa legenda Lutung Kasarung menjadi bagian yang tak terpisahkan dari profil wisata Baturraden di Jawa Tengah.

Di tempat wisata Baturraden ini, Anda bisa melihat bukan hanya satu keindahan alam saja. Namun Anda bisa menemukan berbagai macam keindahan alam yang membuat mata Anda dimanjakan. Dari berbagai keindahan itu, ada beberapa spot wisata yang terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan. Penasaran apa saja spot wisata Baturraden yang banyak dikunjungi wisatawan? Simak kutipan berikut ini.

  • Grebeg Syura

Grebeg Syura merupakan wisata budaya yang ada di kawasan wisata Baturraden. Untuk menyaksikan Grebeg Syura yang telah menjadi tradisi masyarakat setempat, maka anda bisa datang di bulan pertama dalam kalender tahun Islam.

Di acara Grebeg Syura ini, Anda juga bisa menikmati pertunjukan musik Calung, tari tradisional Lengger, pertunjukan Kuda Lumping yang beraroma mistis, serta kegiatan mengunjungi situs-situs suci seperti kuburan yang disebut juga sebagai kenduren oleh masyarakat di sana.

  • Teater Alam Baturraden

Anda dapat menikmati pengalaman menonton yang unik di wisata Baturraden. Pada sebuah pesawat terbang jenis Foxer 28 milik Garuda Indonesia Airways, Anda dapat menonton tayangan-tayangan film dengan sensasi seperti sedang naik pesawat terbang. Pesawat ini berdiri tepat di samping pintu masuk Baturraden.

Tayangan film-film tersebut berisi potensi pariwisata di Banyumas serta kekayaan alam dan budaya Indonesia. Juga tersedia tayangan muatan lokal bagi siswa-siswi sekolah. Pada umumnya, setiap tayangan film berdurasi sekitar 10 menit hingga 15 menit per sesi.

  • Pancuran Pitu dan Pancuran Telu
Pancuran Pitu / Pancuran 7

Di areal wisata Baturraden juga terdapat tempat pemandian air panas. Anda dapat mengunjungi Pancuran Pitu untuk menikmati air panas Baturraden. Suhu air di Pancuran Pitu ini berkisar antara 60 hingga 70 derajat Celcius.

Pancuran Telu / Pancuran 3

Mandi air panas di Baturraden diyakini mampu menyembuhkan penyakit melalui terapi air panas yang ada di sana. Untuk keperluan terapi penyembuhan, Anda dapat mengunjungi Pancuran Telu yang berada di dalam kawasan wisata Baturraden tersebut.

  • Wana Wisata Baturraden

Keindahan alam di Baturraden tidak hanya bisa Anda nikmati sehari saja. Anda juga bisa berkemah bersama keluarga di Wana Wisata Baturraden. Wana Wisata Baturraden merupakan hutan alam hijau yang sangat tepat untuk dijadikan tempat berkemah bersama keluarga atau para sahabat. Lokasi Wana Wisata ini berjarak sekitar 2 km dari pintu masuk Baturraden.

  • Telaga Sunyi

Jika Anda ingin melihat sebuah kolam sumber air murni yang ada di kawasan wisata Baturraden, Anda dapat mengunjungi Telaga Sunyi.

  • Taman Kaloka Widya Mandala

Taman Kaloka Widya Mandala ini adalah kebun binatang di Baturraden. Terdapat sebuah museum di sana yang berfungsi sebagai tempat menyimpan kerangka satwa khas Indonesia.

(IniTempatWisata)

Share

Tinggalkan Balasan