Tipe Orang Yang Dilarang Mengonsumsi Bawang Putih

Tipe Orang Yang Dilarang Mengonsumsi Bawang Putih

Sumbarpos.com – Selain untuk penyedap masakan, bawang putih juga memiliki banyak manfaat salah satunya yakni menjadi obat herbal. Namun ternyata dibalik manfaatnya, ada juga hal buruk yang akan timbul pada orang-orang tertentu. Hal buruk tersebut bisa timbul jika orang-orang ini mengonsumsi bawang putih. Penasaran orang-orang yang mana saja? Berikut orang yang tidak boleh mengonsumsi bawang putih :

  • Tekanan darah rendah

Jika bawang putih sangat baik untuk penderita tekanan darah tinggi maka hal ini tidak berlaku untuk penderita tekanan darah rendah. Sifat bawang putih yang bisa mengencerkan darah atau memiliki sifat antikoagulan sangat berbahaya untuk orang yang memiliki tekanan darah yang rendah.

  • Penderita penyakit mata

Asupan rutin bawang putih dalam jumlah besar untuk jangka waktu yang lama tidak hanya merusak hati tapi juga memicu kerusakan pada mata.

  • Memiliki masalah hati

Beberapa unsur dalam bawang putih dapat menyebabkan stimulasi pada lambung dan usus. Hal ini dapat menghambat sekresi pencernaan di saluran usus dan mempengaruhi pencernaan makanan. Akibatnya, unsur tersebut justru dapat memperparah gejala untuk pasien hepatitis, seperti mual.

  • Orang yang menderita diare non bacterial

Jika seseorang menderita diare, konsumsi bawang putih seharusnya membantu. Tapi ternyata rasa pedas dan panas pada bawang putih dapat merangsang usus. Hal ini dapat menyebabkan hiperemia mukosa. Akibatnya diare akan semakin memburuk.

  • Bermasalah bau badan

Bawang putih merupakan salah satu penyebab bau badan. Maka dari itu, orang yang mengalami bau badan berlebih sebaiknya tidak mengonsumsi bawang putih. Jika tetap mengonsumsi bawang putih, maka bagian bawang akan masuk melalui pencernaan dan diresap oleh sistem metabolisme tubuh. Akibatnya, setiap sekresi tubuh akan memiliki bau yang tidak sedap.

  • Pasien yang akan melakukan¬†operasi

Dua minggu sebelum menjalani operasi, sebaiknya pasien harus berhenti mengonsumsi bawang putih. Sifat bawang putih yang bisa mengencerkan darah dapat menyebabkan resiko perdarahan yang berlebihan. Maka dari itu pasien dianjurkan untuk menghindari bawang putih sebelum operasi.

  • Wanita hamil dan menyusui

Untuk ibu hamil dan menyusui, bawang putih masih bisa dikonsumsi dalam jumlah yang terbatas. Namun bila dalam jumlah yang besar, ibu hamil dan menyusui sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi bawang putih.

(Brilio)

 

 

Share