Sering Sakit Punggung? Hindari Kebiasaan Buruk Ini!

Lifestyle37 Dilihat

Sumbarpos.com РKebiasaan sehari-hari sangat berpengaruh dengan kondisi badan dan kesehatan. Saat padat aktivitas, sakit punggungpun sering menjadi kendala bagi orang-orang. Sakit punggung sendiri tak mengenal usia. Dari yang tua hingga mudapun bisa terkena sakit punggung. Jika Anda tidak ingin terkena sakit punggung, Anda bisa menghindari kebiasaan buruk sehari-hari. Ingin tahu apa saja? Simak kutipan berikut ini.

  • Posisi duduk yang tidak nyaman

Dimanapun anda berada, buatlah posisi duduk senyaman mungkin. Jika perlu gunakan bantal untuk sandaran agar punggung tidak cepat nyeri.

  • Posisi tidur

Posisi tidur yang salah bisa mengakibatkan sakit leher hingga sakit punggung. Jika Anda sering merasakan sakit punggung, coba perhatikan posisi tidur Anda.

  • Keadaan tempat tidur

Kasur yang rusak sering membuat tidak nyaman saat tidur. Jika masih memaksakan tidur di kasur yang rusak dan tidak nyaman, itu akan mempengaruhi kesehatan punggung. Jika sudah tidak nyaman dengan kasur Anda, cobalah untuk mengganti kasur yang membuat Anda nyaman.

  • Duduk terlalu lama

Terlalu lama duduk sering membuat punggung dan bahu kamu pegal. Sebaiknya, Anda jangan terlalu lama duduk selama bekerja. Usahakan setiap setengah jam atau 1 jam sekali, selingi pekerjaan dengan berdiri agar bahu dan punggung tetap rileks.

  • Terlalu lama menggunakan high heels

Bagi wanita, memakai high heels memang membuat postur tubuh lebih bagus. Tapi dibalik itu, high heels juga tidak baik untuk punggung. Selain sakit punggung, menggunakan high helles sehari-hari selama berjam-jam juga bisa mengakibatkan disfungsi sendi.

  • Terlalu fokus dengan gadget

Gadget memang sulit dilepaskan dari kehidupan sekarang ini. Namun, terlalu lama menunduk menggunakan gadget bisa berbahaya untuk kesehatan punggung. Menunduk terlalu lama saat menggunakan gadget bisa membuat leher terasa nyeri yang kemudian bisa menjalar sampai ke punggung.

  • Membawa beban terlalu berat

Membawa beban terlalu berat juga nggak baik bagi kesehatan. Tas yang muatannya terlalu banyak bisa menyebabkan sakit punggung. Bukan hanya itu, menggunakan tas dengan tumpuan di salah satu bahu saja bisa menyebabkan sakit punggung juga. Selain menyebabkan sakit punggung, membawa beban yang berat juga mengganggu postur tubuh.

  • Menyilangkan kaki

Kebiasaan menyilangkan kaki saat duduk ternyata juga nggak baik bagi kesehatan, termasuk kesehatan punggung. Kebiasaan menyilangkan kaki saat duduk memang membuat nyaman. Tapi sebaiknya kebiasaan itu dihentikan mulai sekarang. Satu kaki yang tertumpu di kaki lainnya ternyata memberikan tekanan yang bisa merusak saraf. Hal ini bisa memicu sakit leher, hingga punggung.

  • Berdiri dengan tumpuan satu kaki

Berdiri dengan posisi satu kaki sebagai tumpuan juga nggak baik untuk kesehatan punggung serta merusak postur tubuh. Menumpukan beban pada salah satu sisi tubuh dapat membuat titik seimbang tubuhmu bergeser. Hal ini akan membuat Anda sakit punggung terus menerus.

  • Stres

Stres juga merupakan penyebab sakit punggung. Jangan mengabaikan masalah-masalah yang memicu timbulnya stres. Hal ini dikarenakan saat stres otot-otot di tubuh, terutama di bagian leher dan punggung ikut tegang dan tertarik.

(Brilio)

Share

Tinggalkan Balasan