Pamerkan Kerajinan Lokal, Pemerintah Adakan ‘Pariaman Fashion Show’

Nasional1 Dilihat

Sumbarpos.com – Pada tanggal 13 – 14 November 2015, Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat, akan memamerkan hasil kerajinan lokal pada even ‘Pariaman Fashion Show’ yang akan digelar di kota setempat.

“Kita memiliki produk lokal yang berkualitas yang tidak kalah bersaing dengan produk luar daerah, namun selama ini kurang dikenal secara luas. Sejumlah produk khas daerah itu seperti rajutan asli Pariaman, sulaman Nareh, bordir dengan pola dan motif bagus yang tidak dimiliki daerah lain,” ucap Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) setempat, Gusniyetti Zaunit, Rabu (11/11).

Gusniyetti Zaunit

Dalam fashion show nanti, berbagai produk asli ini akan ditampilkan dalam bentuk busana muslim yang akan diperagakan oleh 30 model. Bahkan pagelaran ini akan diikuti 10 desainer ternama, tiga di antaranya asal Kota Pariaman dan satu orang perancang busana dari Jakarta.

“Setiap desainer akan menampilkan 10 hasil karya mereka untuk diperagakan oleh model. Saya berharap acara ini mampu mengenalkan produk asli daerah, dan mempromosikan wisata setempat,” ucap Gusniyetti.

Karena penampilan produk lokal ini akan mengundang perhatian, dan mendongkrak minat wisatawan untuk berkunjung ke kota itu. Selain promosi, ‘Pariaman Fashion Show’ ini juga akan mendorong masyarakat setempat untuk mencintai dan menggunakan produk asal daerahnya.

“Kita ingin mengubah pemikiran masyarakat bahwa produk daerah kita juga bagus,” tambahnya.

Rani (23) salah seorang masyarakat setempat mengapresiasi langkah yang dilakukan pemerintah setempat dalam mempromosikan hasil kerajinan daerah. Dengan kegiatan itu masyarakat akan lebih mengetahui bahwa kota itu juga memiliki produk yang berkualitas.

Warga lain Eri Suger (47) menilai kecenderungan masyarakat kota itu untuk berbelanja ke luar daerah seperti ke Padang dan Bukittinggi dikarenakan gengsi.

“Masyarakat pergi belanja ke kota lain hanya karena gengsi saja, padahal barang yang dibeli itu berasal dari Pariaman juga,” ucap dia.

(AntaraSumbar)

Share

Tinggalkan Balasan