Megawati Akan Dianugerahi Penghargaan Lencana Tunas Kencana

Kabar Sumbar1 Dilihat

SUMBARPOS.COM(SPC), JAKARTA – Presiden RI Ke-5 Megawati Soekarnoputri akan dianugerahi penghargaan tertinggi Gerakan Pramuka berupa Lencana Tunas Kencana. Penyematan akan dilakukan pada Sabtu, 20 Agustus 2016 di Bumi Perkemahan, Cibubur, Jakarta Timur.

Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhiyaksa Dault mengatakan pemberian penghargaan ini merupakan keputusan seluruh Kwarda Gerakan Pramuka se-Indonesia.

“Lencana Tunas Kencana tidak diberikan ke sembarang orang. Yang pernah menerima antara lain Presiden Soeharto, Raja Gustaf ke XVI Swedia, PM Malaysia Najib Razak. Sekaran kami berikan kepada Ibu Megawati Soekarnoputri,” kata Adhiyaksa.

Itu disampaikannya dalam konferensi pers yang dihadiri Sekjen Kwarnas Gerakan Pramuka Rafly Effendi beserta jajaran, Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto di Cibubur, Jumat (19/8). Adhiyaksa mengatakan bahwa dalam catatan mereka, Megawati tak pernah absen menghadiri upacara Hari Gerakan Pramuka 14 Agustus, kurun waktu2001-2001-2004.

Alasan kedua, Megawati sebagai ketua umum partai memberikan instruksi kepada fraksinya di DPR untuk mengawal pembahasan  dan persetujuan Rancangan Undang-undang Gerakan Pramuka hingga menjadi UU Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.

Kemudian, ketika menjadi presiden, Megawati membuat MoU antar kementerian untuk mensukseskan Garakan Pramuka, sekaligus menjadi cikal bakal proses revitalisasi pramuka.

“Ketika orang sudah mau meninggalkan pramuka karena dianggap pramuka jadul, pramuka tidak sesuai lagi dengan zamannya, ada pemimpin, presiden yang mendorong untuk terus Gerakan Pramuka dikembangkan, peralihan itu di era Ibu Megawati,” ungkap Adhiyaksa.

Setelah itu, dengan dibentuknya kelompok kerja (Pokja) Gerakan Pramuka di beberapa kementerian, marwah pramuka kembali muncul. Adhiyaksa juga menyebutkan bahwa pramuka tidak bisa kuat kalau tidak didukung pemerintah.

 

(jpnn)

Share

Tinggalkan Balasan