Nuriya Akui Banyak Manfaat Menjadi Peserta JKN

Kabar Sumbar1 Dilihat

SUMBARPOS.COM, BUKITTINGGI – Program Jaminan Kesehatan Nasional telah membantu banyak masyarakat Indonesia. Kemudahan pelayanan yang diberikan selalu menjadi prioritas utama bagi BPJS Kesehatan dalam memberikan layanan kepada pesertanya. Seperti yang diungkapkan Nuriya (19) yang dalam wawancaranya mengaku merasa lebih tenang ketika bergabung dengan Program JKN ini.

Pelajar dari Kampuang Baru Jorong Sutijo Kenagarian Koto Gadang, Kec. IV Koto, Agam ini merasa aman menjadi salah satu peserta Program JKN segmen PBI APBN. Ia mengungkapkan bahwa dirinya didaftarkan oleh Walinagari setempat menjadi salah satu peserta JKN.

“Ketika itu ada pendataan yang dilakukan oleh petugas dari Walinagari sekitar satu tahun yang lalu. Mereka mendata warga sekeliling rumah, dan kemudian saya dan orang tua diminta menjemput kartu JKN ke kantor Walinagari,” ungkap Nuri, Jumat (22/07).

Pelajar yang bersekolah di salah satu SMK di Bukittinggi ini, mengatakan bahwa menjadi peserta JKN merupakan salah satu hal yang penting baginya. Meskipun dirinya belum pernah menggunakan kartu JKN.

“Jujur, saya pribadi belum pernah menggunakannya. Karena saya tipikal orang yang jarang sakit. Meskipun demikian, kegunaan dari kartu JKN yang saya rasakan hingga saat ini cukup banyak. Meskipun tidak untuk berobat, namun dalam pengurusan beasiswa di sekolah misalnya, terkadang dijadikan salah satu syarat administratif,” kata Nuri.

Ia juga menyampaikan banyak hal baik dari keikutsertaannya sebagai peserta Program JKN ini. Terlebih prinsip yang ditanamkan oleh BPJS Kesehatan yakni gotong royong bertujuan menolong sesama dan mengedepankan kebersamaan.

“Menurut saya, gotong royong yang menjadi landasan BPJS Kesehatan sangat menguntungkan banyak orang. Masyarakat yang sakit merasakan langsung manfaatnya berkat adanya prinsip tersebut,” ujar Nuri

Ia pun beranggapan, Program JKN sangat membantu masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang optimal dan baik. Bahkan inovasi seperti Mobile JKN dakuinya sangat membantu memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Aplikasi Mobile JKN tentu saja saya pernah mendengarnya, karena ada salah satu sepupu saya pernah menggunakannya untuk mengecek iurannya yang terdaftar mandiri. Harapan saya, BPJS Kesehatan bisa selalu memprioritaskan masyarakat dan memudahkan banyak orang. Semoga BPJS Kesehatan selalu menjadi lembaga terbaik, dan tentunya meningkatkan selalu kualitasnya,” kata Nuriya. (bpc15)

Share