Ketua Komisi III pun Tak Kaget dengan Rumor BG jadi Kepala BIN

Kabar Sumbar42 Dilihat

SUMBARPOS.COM(SPC),JAKARTA – Ketua Komisi III DPR RI Bambang Soesatyo mengaku tidak terkejut dengan kian santernya rumor pergantian Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) dari Sutiyoso ke Komjen Budi Gunawan (BG).

Bahkan Bamsoet, sapaan Bambang, memastikan sosok BG tak akan sulit menjalani jabatan barunya itu. “Jika memang dia yang dipilih oleh Presiden Jokowi, bagi saya itu hal yang baik. Dia memang saya nilai sosok yang mumpuni di intansi kepolisian selama ini,” katanya, seperti dikutip dari Indopos, Senin (15/8).

Ia menyatakan, masuknya unsur kepolisian ini sama halnya dengan mantan Kapolri Sutanto yang di era SBY juga pernah dipercaya menjadi kepala BIN. “Jadi bagi saya tak masalah kepolisian pimpin BIN,” tukasnya.

Meski begitu dirinya tak mau mendahului perihal rumor itu. Ia menyatakan sepenuhnya menjadi wewenang presiden. “Soal rumor ini kan sebenarnya sudah lama, sejak ia tak jadi Kapolri, terus di saat ada wacana reshufle jilid II. Jadi jika kembali ada rumor serupa, bagi saya tidak terlalu kaget. Ya biarkan saja presiden yang menentukan, selaku pemimpin kepala negara,” imbuhnya.

Sementara, Ketua Presidium Indonesian Police Watch (IPW) Neta S Pane mengungkapkan kepastian adanya pergantian Kepala BIN itu akan dilakukan setelah perayaan kemerdekaan RI.

“IPW mendapat informasi, nama BG akan diajukan ke DPR pada 18 Agustus 2016. Setelah melewati proses fit and proper test diperkirakan 22 Agustus 2016, BG sudah dilantik menjadi Kepala BIN,” ungkap Neta.

 

(jpnn)

Share

Tinggalkan Balasan