Ini Alasan Presiden Tetapkan 1 Juni Hari Libur Nasional

Kabar Sumbar1 Dilihat

SUMBARPOS.COM (SPC), BANDUNG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya menetapkan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila. Tak hanya itu, tanggal 1 Juni juga ditetapkan sebagai hari libur nasional.

“Dengan mengucap syukur kehadirat Allah SWT, dengan mengucap Bismillah, dengan Keputusan Presiden, tanggal 1 juni ditetapkan, diliburkan dan diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila,” kata Jokowi dilansir dari Merdeka, Rabu (1/6/2016).

Mantan gubernur DKI Jakarta ini mengatakan Pancasila memiliki arti penting dalam perjalanan bangsa Indonesia. Dikatakan Pancasila adalah landasan dan falsafah bangsa Indonesia.

“Pancasila yang menjadikan Indonesia tetap bersatu di tengah konflik perkembangan global. Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara. Pancasila harus diamalkan, Pancasila harus jadi ideologi yang bekerja,” kata presiden.

Hal itu pulalah yang kemudian menjadi latar belakang untuk kemudian menetapkan tanggal 1 Juni sebagai hari libur nasional. Jokowi pun mengharapkan masyarakat Indonesia tetap berpegang teguh terhadap Pancasila.

“Saya berharap ke depannya masyarakat Indonesia terus berpegang teguh pada Pancasila. (Dengan Pancasila), tidak tergoyahkan persatuan dengan ancaman terorisme yang menghantui seluruh dunia,” kata dia.

Share

Tinggalkan Balasan