Tips Sehat Bagi Penderita Diabetes Saat Menjalankan Ibadah Puasa

Lifestyle1 Dilihat

SUMBARPOS.COM (SPC), PADANG – Di bulan Ramadan yang suci dan penuh berkah ini, semua umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Pada dasarnya, ibadah puasa tak hanya membuat tubuh makin sehat dan bugar saja, lebih jauh, puasa juga mendatangkan banyak pahala, menghapus dosa-dosa serta membuat seseorang perlahan sembuh dari sakitnya.

Berbicara mengenai seseorang yang sedang sakit dan menjalankan puasa, bagaimana cara agar seseorang yang sedang sakit diabetes tetap sehat selama puasa Ramadan? Dikutip dari laman Vemale, penderita diabetes tetap wajib menjalankan ibadah puasa meski ia sedang sakit. Hanya saja, sebelum benar-benar memutuskan untuk melakukan puasa, ia sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Para peneliti serta ahli kesehatan yang ada di College London Diabetes Centre menyarankan agar setiap penderita diabetes siap menjalankan perubahan pola hidup di bulan Ramadan yang mungkin akan sangat berbeda dengan pola hidup sebelumnya. Saat menjalankan ibadah puasa, setiap penderita diabetes juga harus memperhatikan betul-betul setiap asupan nutrisi yang ia konsumsi.

Agar saat berpuasa tubuh tetap sehat dan diabetes yang diderita tidak semakin parah, para ahli menyarankan agar saat berbuka dan sahur para penderita puasa memperbanyak konsumsi makanan yang non-tepung. Makanan ini bisa sayuran dan buah-buahan seperti halnya bayam, wortel, selada hijau, kubis, brokoli, kembang kol juga tomat. Jangan lupa pula untuk konsumsi makanan berupa biji-bijian, ubi jalar, sereal kaya serat, sereal gandum, daging tanpa lemak, telur, ikan dan susu juga yogurt.

Selama berpuasa, sangat dianjurkan untuk menghindari konsumsi gula buatan. Kalau pun memang ingin konsumsi makanan yang manis, penderita diabetes bisa menggantinya dengan konsumsi buah dan sayur yang manis. Tapi ingat, konsumsi buah dan sayur yang mengandung glukosa ini juga tidak boleh berlebihan. Selain itu, untuk menjaga cairan dalam tubuh selalu maksimal, usahakan untuk konsumsi air putih sebanyak mungkin saat buka puasa hingga sahur.

Itulah tips sehat bagi penderita diabetes saat menjalankan ibadah puasa. Agar tubuh semakin sehat, meski sedang berpuasa jangan lupakan untuk melakukan olahraga dan istirahat cukup. Hindari segala hal yang mengandung glukosa dan lemak berlebih. Semoga, informasi ini bermanfaat.

Share

Tinggalkan Balasan