Secara Virtual Dandim 0309 Solok Berikan Arahan Pada Danramil dan Babinsa Jelang Lebaran 1442 H

Secara Virtual Dandim 0309 Solok Berikan Arahan Pada Danramil dan Babinsa Jelang Lebaran 1442 H
Posted by:

SUMBARPOS.COM (SPC), SOLOK – Jelang Idul Fitri 1442 H, Secara Virtual Komandan Kodim 0309/Solok Letkol Arm Reno Triambodo S.Sos., M.I.Pol., berikan arahan kepada para Danramil dan Babinsa jajaran Kodim 0309/Solok, yang dilaksanakan di ruang rapat Aula Yuda Makodim 0309/Solok, Selasa (11/05/21).

Dandim 0309/Solok Letkol Arm Reno Triambodo S.Sos., M.I.Pol., mengatakan bahwa, ada beberapa hal yang disampaikan kepada para Danramil dan Babinsa yang ada di wilayah, menindak lanjuti Surat Edaran Gubernur Sumatera Barat No 08/Ed/GSB-2021.

Lanjut Dandim menjelaskan ada tiga poin penting yang harus dipedomani oleh para Danramil dan Babinsa di wilayah, yakni tentang penyelenggaraan Shalat Idul Fitri 1442 H/2021 M, pembukaan objek wisata, dan pengaturan mobilitas pergerakan masyarakat lintas Kabupaten/Kota, dalam rangka pencegahan dan pengendalian penyebaran Covid-19 di Provinsi Sumatera Barat. seperti pelaksanaan malam Takbiran dan Shalat Idul Fitri serta keramaian di tempat-tempat wisata.

Terkait penyelenggaraan Shalat Idul Fitri dan pembukaan objek wisata, dalam SE Gubernur dijelaskan Dandim bahwa penyelenggaraan Shalat Idul Fitri dan objek wisata hanya dapat di buka pada daerah zona kuning dan hijau. Untuk yang berada pada zona merah dan oranye, penyelenggaran Shalat Idul Fitri di rumah dan objek wisata wajib ditutup.

“Intinya, Danramil dan Babinsa yang di wilayahnya melaksanakan Shalat Idul Fitri dan tempat wisata agar selalu mengawasi protokol kesehatan yang harus dijalankan oleh masyarakat selama di tempat Shalat dan lokasi wisata,” ungkap Dandim.

Letkol Reno Juga mengigatkan Kepada Anggota, bahwa didalam Surat Edaran Gubernur Sumbar Terkait mobilitas masyarakat antar Kabupaten/Kota dalam Provinsi, dikatakan bahwa masyarakat pelaku perjalanan, baik perorangan ataupun bersama-sama dari suatu Kabupaten/kota di Sumbar dapat melakukan perjalanan lintas Kabupaten/Kota di dalam Provinsi Sumatera Barat.

“Jajaran TNI yang berada di jajaran Kodim 0309/Solok akan mendukung pelaksanaan pengetatan protokol kesehatan dan program Pemerintah Daerah Sesuai Surat Edaran Gubernur Sumatera Barat ”kata Dandim.

Dandim menambahkan, pengetatan disiplin protokol kesehatan perlu dijadikan perioritas agar masyarakat tidak lalai dan menganggap remeh penyebaran Virus Corona, karena itu masyarakat tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan,” katanya.

Kita tidak menginginkan terjadi peningkatkan atau terjadinya cluster baru, disaat pelaksanaan Shalat Idul Fitri, Wisata dan pengaturan mobilitas pergerakan masyarakat lintas Kabupaten/Kota. Ini perlu diantipasi semua pihak, terlebih menjelang akhir bulan Ramadhan dan disaat pelaksanaan Shalat Idul Fitri.

“Untuk itu, Kodim 0309/Solok dan jajaran Koramil yang ada di wilayah teritorial Kodim 0309/Solok, siap melaksanakan pengawasan dan monitoring disetiap tempat yang akan dijadikan pelaksanaan Shalat Idul Fitri, pembukaan tempat wisata dan pengaturan mobilitas pergerakan masyarakat lintas Kabupaten/Kota,”tegas Dandim.

Lanjut Dandim menambahkan, semoga tingkat kesadaran dan disiplin warga khususnya di wilayah Kodim 0309/Solok dapat dikendalikan, agar tidak adanya peningkatan penyebaran Cluster baru.

” Ini perlu kita tingkatkan terus, dan jangan sempat terjadi peningkatan penyebaran disaat memasuki Idul Fitri dan pasca Idul Fitri di wilayah. Kerjasama semua pihak, baik dari pemerintah, TNI – Polri, dan seluruh elemen masyarakat sangat penting. Mari kita bersama – sama melawan Virus Corona dengan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan demi kesehatan diri sendiri dan orang lain,”pungkas Dandim.(jon)

Share