Cara Mengatasi Kulit Wajah yang Berminyak Serta Berjerawat

Lifestyle48 Dilihat

Sumbarpos.com – Minyak di wajah membuat wajah tampak berkilap, menjadi tempat menempelnya debu, kuman, dan bakteri wajah berminyak penyebab jerawat. Minyak di wajah dapat menjadi perangkap bagi kotoran dan polusi yang akhirnya bercampur dengan bakteri yang menyebabkan jerawat. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit berminyak penyebab jerawat. Berikut, tips mudah mengatasi kulit berminyak :

  • Putih Telur

Putih telur ini bermanfaat mengurangi minyak di wajah yang seringkali menyebabkan timbulnya jerawat. Oleskan putih telur yang sudah dikocok terlebih dahulu ke wajah. Diamkan hingga 15 menit.

  • Jeruk Nipis

Iris jeruk nipis menjaid dua. Oleskan irisannya pada kulit wajah yang berjerawat. Lakukan cara ini selama beberapa minggu dan lihat hasilnya. Untuk masalah kulit berminyak, peras jeruk nipis dan campurkan dengan satu sendok makan gula pasir dan gosokkan ke wajah lalu diamkan dan bilas hingga bersih.

  • Bedak Obat

Bedak obat yang mengandung asam salisilat, asam glikoat, atau bahan penyerap minyak lainya dapat membantu merawat kulit wajah Anda.

  • Kertas Minyak

Kertas minyak bermanfaat untuk menghilangkan minyak tanpa membuat kulit anda kering. usapkan kertas hisap pada bagian wajah yang berminyak selama 20 detik. Dan lihat minyak yang berkurang dari muka Anda.

  • Pembersih Muka

Cara paling efektif untuk merawat dan menghilangkan kulit berminyak adalah membersihkan muka pagi dan malam hari. Gunakanlah pembersih muka yang lembut bagi wajah dan handuk yang lembut untuk mengusap wajah. Gunakan juga produk yang mengandung asam seperti benzoil peroksida, asam salisilat, asam glikolat, atau asam beta-hidroksi.

Namun karena beberapa bahan ini bisa menyebabkan iritasi, maka gunakanlah konsentrasi asam yang sesuai dengan kekuatan kulit anda. Cucilah muka dengan air hangat, jangan terlalu panas karena suhu ekstrim dapat membuat kulit iritasi.

(DetikSehat)

 

 

Share

Tinggalkan Balasan