Beranda Istana Jadi Lokasi Penting sejak Jokowi Memimpin

Politik30 Dilihat

JAKARTA ,SUMBARPOS.COM – Presiden Joko Widodo kerap bercengkerama dengan tamu negara di beranda Istana Merdeka. Kegiatan ini diberi istilah ‘Veranda Talk.’

Veranda Talk ialah salah satu acara dalam rangkaian penerimaan tamu negara. Veranda Talk biasa dilakukan setelah tamu negara mengisi buku tamu di lobi depan Istana Merdeka.

Kepala Sekretariat Presiden, Darmansjah Djumala, mengatakan Veranda Talk merupakan kebiasaan baru presiden Republik Indonesia yang muncul pada masa Jokowi.

Konsep ini didesain oleh Sekretariat Presiden, untuk mewadahi keinginan Presiden jika hendak melakukan pembicaraan strategis dengan cara lebih intim bersama tamu negara.

“Artinya bicara dari hati ke hati. Substansinya sangat penting bagi Presiden, plus karena hubungan (Presiden dan tamu negara) yang dekat,” kata Djumala di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (1/9).

Hal tersebut misalnya terjadi pagi ini, ketika Jokowi berbincang selama satu jam bersama Ratu Belanda Máxima Zorreguieta Cerruti, istri dari Raja Willem-Alexander, di beranda Istana Merdeka.Menurut Djumala, Veranda Talk antara Jokowi dan Máxima pagi tadi berlangsung lama karena Indonesia dekat dengan Belanda secara sejarah dan bilateral.

Jokowi, kata Djumala, juga ingin menyampaikan hal substansial secara detail. Dalam obrolan di beranda itu, Jokowi meminta bantuan teknis Ratu Belanda untuk meningkatkan akses pelaku usaha mikro ke perbankan. Dia juga meminta dorongan koordinasi inklusi keuangan Indonesia ke Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Bank Dunia.

Veranda Talk nantinya akan menjadi format standar bagi presiden dalam membicarakan hal-hal strategis dan penting, dengan hangat.

Jokowi menentukan langsung tamu negara yang ingin dia ajak berbicara intim di beranda Istana. Penentuan biasanya disampaikan ke Sekretariat Presiden, pagi hari sebelum ia menerima tamu negara.

 

(CNN)

Share

Tinggalkan Balasan