Waspada! Simak 6 Ciri-Ciri Ginjal Anda Kotor

Lifestyle61 Dilihat

Ginjal mempunyai tanggung jawab utama sebagai penyaring limbah dan menyeimbangkan mineral dalam tubuh. Namun, ketika fungsinya tidak berjalan dengan baik, racun dapat menumpuk sehingga menimbulkan ciri-ciri ginjal kotor.

Terdapat banyak hal yang mendasari kerusakan fungsi ginjal. Namun, gaya hidup buruk dan cedera fisik jadi penyebab umum mengapa ginjal tak lagi menjalankan tugas-tugas pentingnya.

Ginjal kotor tentunya bisa menyebabkan masalah serius, seperti infeksi, gagal ginjal, batu ginjal, penyakit ginjal kronis, atau glomerulonefritis. Jika sudah begitu, pengobatannya tidak boleh sembarangan dilakukan.

Ciri-ciri ginjal yang dipenuhi dengan racun pada tahap awal seringkali tidak terdeteksi karena kondisinya sangat ringan dan tidak spesifik. Meski begitu, tetap waspadai gejala berikut ini dikutip dari Times of India:

  1. Kaki Bengkak

Penumpukan mineral dan natrium akibat kerusakan ginjal pada akhirnya menyebabkan pembengkakan di pergelangan kaki dan tulang kering. Dalam istilah medis, kondisi ini disebut sebagai edema. Pengidapnya mungkin juga melihat pembengkakan di bagian tubuh lain, seperti mata, wajah, dan tangan.

  1. Mudah Lelah dan Lemas

Merasa lelah atau lemah sepanjang waktu tanpa adanya aktivitas fisik berat umumnya merupakan tanda awal dari masalah ginjal. Sebab, Saat gangguan ginjal menjadi parah, pengidapnya mulai merasa tidak bertenaga sampai-sampai mengganggu pekerjaan ringan dan sederhana sekalipun.

  1. Tidak Nafsu Makan

Kadar toksin yang tinggi juga berdampak penurunan nafsu makan. Meski terdengar sepele, hal ini bisa menjadi tanda yang mengkhawatirkan karena lambat laun berat badan turun drastis dan meningkatkan risiko masalah kesehatan lain.

  1. Perubahan Kebiasaan Buang Air Kecil

Ginjal yang sehat biasanya memicu seseorang untuk buang air kecil hingga enam kali sehari. Namun, kerusakan kerusakan fungsi ginjal menyebabkan seseorang buang air kecil lebih sering atau sedikit dari perkiraan normal.

  1. Masalah

Ciri-ciri ginjal kotor lainnya adalah masalah kulit. Kondisinya bisa berupa gatal, kulit kering, atau ruam kulit. Hal ini diakibatkan penumpukan racun dalam darah sehingga memicu kerusakan sel kulit dan berbau busuk. Masalah ginjal ini juga dapat menyebabkan penyakit tulang.

  1. Kencing Darah atau Berbusa

Kencing berbuih bisa menjadi tanda terlalu banyak protein yang disebut albumin karena ketidakseimbangan mineral dalam tubuh. Ciri-ciri ini berlaku juga untuk urine yang berwarna kecokelatan atau kuning pucat.

Fungsi ginjal yang rusak juga dapat membuat darah bocor ke kandung kemih. Akibatnya, urine yang dikeluarkan lebih kemerahan. Perlu diwaspadai pula,sel darah yang terkandung dalam urine bisa jadi tidak terlihat dengan mata telanjang. Untuk itu, rutinlah periksakan diri ke dokter terutama jika kondisi lainnya muncul.

Setiap organ tubuh manusia pasti mempunyai batas kemampuan untuk menjalankan tugasnya, begitu juga ginjal. Jadi, sebaiknya sayangilah kesehatan ginjal dengan tidak mengonsumsi banyak garam, cukupi kebutuhan mineral, dan tidur yang cukup. Bila diperlukan, masyarakat bisa mengonsumsi makanan pembersih ginjal secara konsisten guna membantu mengeluarkan racun dari tubuh.

Share