KWAK Desak Polisi Lindungi Wartawan dari Ancaman Kekerasan

Kabar Sumbar1 Dilihat
 SUMBAR POS.COM Padang, (Antara Sumbar) – Koalisi Wartawan Anti-Kekerasan (KWAK) Sumatera Barat, menggelar aksi damai di Mapolda Sumbar guna mendesak kepolisian melindungi wartawan dari segala bentuk kekerasan fisik dan ancaman verbal.
“Aksi ini kami lakukan sebagai kepedulian terhadap teman kami di Padang Panjang yang mengalami kekerasan secara verbal melalui pesan singkat dan ‘chat’ di media sosial, diancam akan dibunuh,” kata Koordinator KWAK Sumbar, Nofal Wiska di Padang, Senin.

Aksi digelar selama satu jam di depan Markas Polda Sumatera Barat mulai dari pukul 11.00 WIB hingga 12.00 WIB.

Para wartawan memulai aksi dari sekretariat PWI Sumbar di Jalan Bagindo Aziz Chan dilanjutkan dengan konvoi kendaraan menuju Mapolda Sumbar.

Ia mengatakan aksi ini bukan untuk melakukan demonstrasi terhadap Polda Sumbar, namun memberikan dorongan kepada pihak kepolisian untuk mengusut tuntas kasus ini.

“Dengan adanya ancaman pembunuhan terhadap beberapa rekan kita ini sebagai bentuk intimidasi terhadap kebebasan pers,”terang dia.

Ia menyampaikan bagi penebar teror kepada wartawan diingatkan ada mekanisme yang harus ditempuh jika berita tersebut tidak benar.

“Undang-undang Pers mengakomodir dalam bentuk hak jawab silakan kirimkan hak jawab kepada yang bersangkutan jangan meneror,” kata dia.

Sementara, Kasubdit 3 Dit Intel Polda Sumbar AKBP Aditya Laksimada yang menyambut kedatangan wartawan mengatakan Kapolda siap bertemu dengan wartawan pada Rabu (20/7) untuk membicarakan persoalan ini.

“Kita sudah menerima laporan tersebut dan pasti akan kita tindaklanjuti terutama oleh Polresta Padang Panjang nantinya,” kata dia. (*)

 

(ANTARA SUMBAR)

Share