Bocoran info CPNS 2023 lulusan SMK di 8 Kementerian, Persiapkan Syaratnya!

Nasional1 Dilihat

Pemerintah mewacanakan pembukaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023 pada September mendatang. Seleksi ini tidak hanya diperuntukkan bagi lulusan S1 atau S2, namun bagi lulusan SMA/ SMK pun memiliki kesempatan yang sama. Berikut ini adalah bocoran info CPNS 2023 untuk lulusan SMA/ SMK. Sebelum pendaftaran benar-benar dibuka, kamu bisa mempersiapkan diri dari sekarang.

1. Basarnas 

Badan Sar Nasional yang disingkat Basarnas membuka lowongan kerja untuk lulusan SMA/SMK. Mereka yang lolos akan ditempatkan di berbagai daerah di seluruh Indonesia. Kebanyakan lowongan yang dibuka adalah petugas lapangan yang menjadi garda depan dalam penanganan bencana. Jadi, bagi kamu yang ingin berkarier di Basarnas, siapkan fisik yang kuat selain juga harus melewati tes tertulis.

2. Kejagung

Kejaksaan Agung (Kejagung) juga membuka formasi CPNS untuk lulusan SMA/SMK. Total ada 990 formasi, terdiri atas tenaga administrasi penanganan perkara dan pengawal tahanan. Dengan demikian, bagi lulusan SMA/ SMK yang ingin meniti karier di Kejagung dengan jabatan ini, maka harus siap ditempatkan di seluruh Indonesia.

3. Kementerian Pertanian

Lowongan CPNS untuk lulusan SMA/SMK di Kementerian pertanian juga dibuka. Namun masih belum ada informasi resmi mengenai bidang yang membutuhkan tenaga kerja lulusan SMA/SMK. Namun, jika berkaca pada pembukaan CPNS tahun-tahun sebelumnya, formasi untuk SMA/ SMK biasanya adalah petugas lapangan.

4. BIN

Badan Intelijen Negara (BIN) menyediakan formasi CPNS untuk lulusan SMA/SMK. Bidang yang membutuhkan tenaga lulusan SMA/SMK antara lain administrasi rekam medis dan informasi serta pramu laboratorium.

5. Kemenkumham 

Kementerian Hukum dan HAM juga membuka lowongan untuk lulusan SMA/SMK. Posisi yang membutuhkan tenaga tambahan adalah sebagai penjaga tahanan. Untuk mengisi lowongan ini, calon pelamar perlu memenuhi syarat lulus tes fisik dan kesehatan.

6. Kemenhan

Kementerian Pertahanan (Kemenhan) juga membuka kesempatan bagi lulusan SMA/ SMK untuk berkarier sebagai CPNS. Posisi yang membutuhkan tenaga lulusan SMA/SMK di Kementerian Pertahanan adalah pengemudi ambulan dan kataloger pemula.

7. Kemenhub

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka formasi CPNS untuk lulusan SMA/SMK untuk mengisi posisi perekayasa, petugas pertolongan kecelakaan penerbangan, dan pemadam kebakaran. Total kebutuhan Kemenhub untuk tenaga kerja baru adalah 684 formasi.

8. Kementerian Lingkungan Hidup dam Kehutanan (KLHK)

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan membuka formasi CPNS untuk lulusan SMA/SMK yang bisa menjadi polisi hutan. Untuk mengisi posisi ini, setiap CPNS harus bersedia bekerja di lapangan dan ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.

Share